Menulis? Apa yang harus aku tulis?

"Menulislah apa adanya, sebisamu... Dan teruslah latih kemampuan menulismu" seseorang berkata padaku.

Sudah lama rasanya aku melewatkan ide-ide tulisanku yang tidak tercurahkan dalam kata-kata, hingga pada akhirnya hanya melebur dan hilang seperti buih. 

Menulis adalah pekerjaan yang mudah tapi tidak mudah. Kok begitu? Tentu saja, siapa yang tidak bisa menulis? Semua orang bisa menulis apalagi di era digital saat ini. Dimana semua orang mencurahkan apa yang ada dipikirannya dalam sebuah tulisan di akun media sosialnya atau pesan chatting. Tapi, menulis juga sulit jika kita menulis untuk menciptakan sebuah karya sastra. Untuk menciptakan sebuah karya kita tidak bisa mengandalkan intuisi diri sendiri tapi juga harus mampu merasakan intuisi dari sisi pembaca. Apa yang membuat tulisan kita menarik untuk dibaca? Apa yang membuat tulisan kita harus dibaca oleh oranglain? Dan apa pesan yang kita sampaikan didalamnya tersampaikan kepada pembaca?

Bukan hanya mengandalkan 5W+1H, keberhasilan seorang penulis dilihat dari berapa banyak pembaca yang berminat membaca karya kita. Apalagi jika mampu membawa pembaca berada dalam emosi sang tokoh dalam tulisan. Tapi, bagaimanapun menulislah apa yang ingin kamu tulis, luapkan apa yang ada dalam pikiranmu dalam kata-kata dan selebihnya semuanya akan mengikuti. 

Let's writing!!

Semoga bermanfaat...

Comments